Nggak Pengin Dinyinyirin Tetangga Kos? Jangan Masukkan 15 Barang Ini ke Kulkas

hal yang tak boleh masuk kulkas

Setelah banyak berbincang dengan teman-teman perempuan yang ngekos. Saya sadar kalau keadaan kulkas satu kos dengan yang lain memang tak jauh berbeda: sesak, tak beraturan, dan jorok. Tak terkecuali kulkas di kos tempat saya tinggal. Bunga es jarang dibersihkan; lelehan noda kecap, coklat atau putih telur yang mengerak; bundel-bundel plastik yang entah apa isinya; bahkan sisa makan yang tak habis – entah sambal, sate, atau tempe.

Bukan satu dua kali lagi makanan saya ikut berjamur, tertular makanan membusuk milik tetangga. Karena itu, saya sempat ngambek – mogok masak selama dua bulan. Selama itu pula pengeluaran saya bengkak akibat terus-menerus jajan.

Karena mengadu pada empunya kos pun tak mengubah keadaan, satu waktu saya memutuskan untuk menguras isi kulkas. Waktu itu sore terakhir tahun 2017, banyak penghuni kos yang pulang kampung. Saya mencabut steker kulkas dan mulai mengeluarkan satu per satu isinya.

Ternyata di dalamnya lebih banyak bersarang makanan yang tak layak. Sebagian besar mungkin sudah dilupakan pemiliknya: daging rendang di kotak makan, sambal yang menghitam dan kering, sampai sekotak pizza. Semuanya sudah ditumbuhi selaput jamur berwarna putih. Sedangkan yang lain, masih tersegel rapat tapi terlanjur lewat dari tanggal kadaluwarsa: sebotol multivitamin, beberapa kotak susu kacang hijau, dan nugget. Setidaknya 80 persen isi kulkas semuanya tak layak konsumsi.

Setelahnya, saya membuang apa-apa yang tak layak. Lanjut dengan mencuci satu per satu laci, dan menguras bunga es di freezer. Rasanya, puas dan merdeka. Akhirnya, saya kembali hidup di sebuah peradaban.

Sayangnya, itu tak berlangsung lama. Tak sampai sebulan setelah itu, kulkas kembali ke wujud asalnya: sesak. Sampai-sampai, di pertengahan Februari, tutup freezer terlepas karena bunga es terlanjur merambat keluar. Ada juga buah-buah belum dikupas semacam buah naga atau papaya yang memenuhi kulkas.

Ketika mengadu lagi-lagi tak menyelesaikan masalah, akhirnya kuputuskan untuk membuat daftar ini. Barangkali ada tetangga kos yang baca dan tetiba mengeluarkan makanan-makanannya dari kulkas. Intinya, jangan pernah masukkan 15 barang ini ke kulkas kalau tak mau berdrama dengan tetangga kos.

1. Timun

jangan masukkan timun ke kulkas
Harshal S. Hirve on Unsplash

Ketika kamu menyimpun timun di kulkas, kulit timun akan cepat mengelupas. Suhu dingin juga mempercepat pembusukan kulitnya. Maka dari itu, simpanlah timun di suhu ruangan.

2. Wortel

jangan masukkan wortel ke kulkas
Jonathan Pielmayer on Unsplash

Sama dengan timun, wortel mudah membusuk ketika disimpan dalam kulkas. Maka dari itu hindari suhu dingin ekstrim dan udara lembab ketika menyimpannya. Sebaliknya, simpan wortel di tempat gelap dan jauh dari sinar matahari.

3. Coklat

jangan simpan coklat di kulkas
Daniel Fazio on Unsplash

Coklat bisa berubah rasa ketika dimasukkan ke kulkas. Maka dari itu, hanya masukkan kulkas ketika coklatmu terlanjur lembek atau mencair untuk mengembalikan bentuknya.

4. Selai

simpan selai di kulkas
Olia Gozha on Unsplash

Selai mengandung banyak sekali pengawet. Maka dari itu ia tak perlu disimpan di dalam kulkas. Supaya awet, dirimu hanya perlu memastikan kalau selai tidak tercampur bahan makanan apapun.

5. Rempah-rempah

tips simpan rempah
Pratiksha Mohanty on Unsplash

Di kulkas atau di suhu ruang, rempah-rempah bisa bertahan hingga berbulan-bulan. Tapi kenapa harus memasukkannya ke kulkas, kalau di luar saja sama awetnya?

6. Apel dan Pir

tips simpan apel dan pir
Dan Gold on Unsplash

Apel dan Pir adalah dua buah yang tak perlu dimasukkan ke kulkas. Apel sendiri bisa bertahan selama dua minggu di suhu ruang. Kalau dirimu mau menyimpannya lebih lama, baru kaumasukkan ke kulkas.

Di sisi lain, memasukkan pir ke dalam kulkas akan menghambat proses pematangan. Kalau Pir-mu sudah matang, tapi kau belum ingin memakannya – baru bisa kausimpan di kulkas.

7. Saos – Mustard

Saos mengandung asam cuka yang membuat bakteri tak bisa hidup di dalamnya. Terlepas dari itu, pengawet di dalam saos membuatnya bisa bertahan sampai hitungan tahun di suhu ruangan.

8. Kecap asin – kecap ikan

simpan kecap ikan
Caroline Attwood on Unsplash

Kecap asin dan kecap ikan mengalami proses fermentasi. Maka dari itu, keduanya bisa bertahan antara 1,5 sampai 3 tahun.

9. Pepaya

Masukkan pepaya hanya ketika kulitnya mulai menguning dan berubah empuk. Selain itu, pepayamu tak akan matang dengan rata.

10. Kacang Hijau – Buncis

tips simpan buncis dan kacang
Sonja Langford on Unsplash

Simpan kacang hijau atau buncismu setelah seminggu kau belum juga memasaknya.

11. Aged Cheese

tips menyimpan keju
Katrin Leinfellner on Unsplash

Beberapa jenis keju seperti Gouda, Cheddar atau Gruyere tak perlu dimasukkan ke kulkas. Proses pembuatan yang mencapai lebih dari enam bulan, membuat teksturnya lebih keras. Bila kau nekat memasukkannya, keju akan menjadi sangat keras dan sulit dinikmati.

12. Yogurt

trik simpan yogurt
Quin Stevenson on Unsplash

Selama yogurt-mu belum kau buka, tak perlu khawatir menyimpannya di suhu ruang. Karena yogurt dibuat dari bakteri, kamu tak perlu khawatir yogurtmu akan basi.

13. Butter / Mentega

Menyimpan mentega di kulkas atau suhu ruang masih jadi perdebatan. Semisal kau membeli mentega dan berencana untuk menggunakannya dalam waktu lama, bisa kausimpan di kulkas. Tapi sebetulnya, mentega tak menarik bakteri karena terbuat dari susu pasteurisasi. Bila kulkasmu penuh, simpan di suhu ruang pun tak masalah.

14. Biskuit kering

tips simpan biskuit
Kawin Harasai on Unsplash

Kelembaban udara di kulkas bisa membuat biskuit kehilangan kelezatannya. Lebih baik, simpan biskuitmu di tempat yang kedap udara seperti toples.

15. Susu UHT

Susu UHT diproses secara khusus yang mematikan lebih banyak bakteri jahat di susu. Maka dari itu, susu UHT bisa bertahan lima kali lebih lama daripada susu biasa. Selama dirimu belum membuka kemasannya, susu UHT bisa disimpan di suhu ruangan.

 

Itu dia 15 hal yang tak perlu kaumasukkan ke dalam kulkas. Tentu saja ada banyak hal yang masih belum ditulis di daftar. Hanya saja, ke-15 hal ini yang paling sering kutemukan teronggok di kulkas dan pada akhirnya di buang.

Kalau di kosan kamu, sama juga kah keadaannya?

19 Comments

    1. Hai! Salam kenal Mbak Untari. Kadang juga mikir, apa cari kos yang ga ada kulkasnya ya… Kayanya bakalan less-drama. Tapi bingung juga kalo lagi pengen yang adem-adem. Haha

  1. Wah ternyata timun dan wortel lebih awet di luar kulkas ya? Hmm.
    Kalau coklat, saya suka aja masukin ke kulkas biar keras dan gak cepat habis kalau dimakan hahaha
    Intinya sih yang bikin sebel tu kalau ada yang masukin makanan ke kulkas padahal bisa disimpan di luar kulkas 😀 Kayak gula, sirup, dan beberapa yang kakak sebutkan di atas.
    Ohya, kalau di kosanku, dramanya lebih ke baha/makanan yang membusuk karena empunya terlalu sibuk kuliah dan/atau kerja jadi lupa ngeluarin makanannya yang busuk itu, Jadi pada akhirnya aku dan beberapa temen ada yang inisiatif bersihin dan buang itu makanan. Terus akhirnya ditempellah sticky notes berisi catatan kalau makanannya membusuk, harus rela dibuang. Yeheee 😀

    1. Hai, Nad! Ternyata drama kosan emang mirip-mirip ya. Asiklah itu kalau masih ada temen-temen yang kompak bersihin kulkas. Paling nggak kan kulkas jadi aman terkendali. Sayangnya, di tempatku ga terlalu kompak anak-anaknya 🙁 Sedih deh.

  2. Pernah dibicarakan bareng mbak? Kebetulan aq ga pernah ngekos, tp pernah jadi ibuk koks, soalnya rumahku kos2an 😂😂

    Dikasi peraturan mbak di pintu kulkas yg disetujui, misal bahan makanan yg dimasukkan kudu dalam keadaan tersegel dalam Tupperware, btw dulu ibuk dulu nyedian 1 kamar 1 tuppy agak gede, tiap 2 Minggu ada piket bersihin kulkas, bahan yg Uda kadaluarsa mau ga mau kudu dibuang sesuai aturan, drama anak Kos emg banya mbak haha.. aq cuma pengamat sih, hehe

    1. Hai Mbak Ayu. Sayangnya, kami belum pernah membicarakannya sama-sama. Entah ya. Apa mungkin karena yang mengurus sehari-hari itu bapak-bapak, jadi kurang telaten. Ada juga mbak yang tugasnya bebersih setiap 3 kali seminggu. Tapi kan, mbaknya juga ga berani buka kulkas kalau nggak sampai rembes airnya.

      Temanku pernah sih ide ke Bapak Kos buat bikin grup Whatsapp. Tapi berkali-kali diingetin, juga ga dibikin. Kan sebel ya. Padahal kalau dibikin kan bisa ngingetin langsung semisal ada makanan yang basi.

      Pernah juga kan aku pake tupperware kecil, biar ga terkontaminasi makanan lainnya. Eh besoknya pada pake tuppwerware gede-gede. Padahal kulkasnya kecil 🙁 Tambah sesak lah itu kulkas. Tapi, terima kasih ya Mbak sarannya!

  3. Waah rajin banget mbak mau beresin kulkas kosan, hehe.

    Menarik nih listnya, tapi dari list di atas mayoritas emang saya masukin ke kulkas, haha.

    Btw sudah hampir 2 tahun saya membiasakan menuliskan di kertas daftar bahan apa yg dimasukin ke kulkas dan freezer, masuknya tanggal berapa. Catatannya ditempel di kulkas. Jadi tiap akan masak, saya bisa lihat list itu, mendahulukan memasak bahan mana yang lebih dulu masuk kulkas. Kalau ga ditulis, saya sering lupa, tau2 dulu pernah beli X dan ternyata udah busuk.

    Mungkin bisa diterapkan juga di kosan, tulis nama, tanggal, sama apa yang dimasukin ke kulkas. Tapi butuh kedisiplinan semua penghuni kosan sih ya, hehe.

    Saya dulu pas ngekos ga pernah naruh bahan makanan di kulkas, karena lebih kuatir ada yg ngembat, hahaha.

    1. Iya rajin sekali doang Mbak, habis itu kapok. Gimana nggak, begitu dibersihin aku malah nggak dapet tempat buat nyimpen. Hahaha.

      Makasih ya sarannya Mbak Reisha. Bisa lah itu dipake buat jadi pengingat. Cuma….nggak tau ya penghuni kos lain responsnya gimana.

      Waah, itu drama kosan yang lain lagi yaa… Kalo barang yg sering diembat di kosku biasanya minyak goreng sama sabun cuci piring.

  4. Hai mbak . Sebagai anak kosan dan juga ada kulkas yang buat barengan, aku merasakan hal yang sama hahaha. Kadang kalau malem udah pada bobo, aku bersihin tu kulkas. Kulkasnya kecil sih, buat penghuni kosan sekitar 5 orang + 1orang ibu yang jaga Kos. Tapi paling sebel adalah si ibu yang jaga kos (bukan yang punya) ini kalau nyimpen punya dia banyak banget. Telor sejejer punya dia sendiri. Sayur, buah, dsb. Kadang paling sebel kalau freezer dikecilin suhunya, akhirnya ayam suka bau, nugget ga fresh. Dan suka nyimpen botol-boto banyak di freezer. Hehehe. Ya begitulah drama kosan. Tapi makasih banget tipsnya, berguna baget buat aku yang suka masak dan nyetok beberapa sayur.

    1. Hai Mbak Annisa. Wah, aku jadi terinspirasi buat bersihin kulkas malem-malem. Habisnya kalau nunggu pada pulang pas liburan, keburu hancur itu isi kulkas.
      Hmm…drama kosan featuring ibu kos lebih pelik ya. Bisa jadi pertimbangan buat cari kos semisal pengen pindah. Makasih ya udah sharing drama kosnya!

    2. Hai Mbak Annisa. Wah, aku jadi terinspirasi buat bersihin kulkas malem-malem. Habisnya kalau nunggu pada pulang pas liburan, keburu hancur itu isi kulkas.
      Hmm…drama kosan featuring ibu kos lebih pelik ya. Bisa jadi pertimbangan buat cari kos semisal pengen pindah. Makasih ya udah sharing drama kosnya! 😀

  5. jadi inget kemarin pas ngekos, daaaan.. ngeselinnya itu mereka pada belanja sayur-mayur, ikan, dan ditaruh plastik. jadi dikulkas tuh banyak plastik. ketika buka kulkas, bau tercium sampai kemana-mana soalnya kadang ada yg dibiarin membusuk. 😀 😀

  6. Artikelnya menambah wawasan banget. Soalnya di rumah ada kulkas yang isinya serba ada. Liatnya aja bikin pusing. Maklum, kulkas keluarga, jadi semua serba pengen masukkin makanan ke dalamnya.

    1. Sama banget dong! Di rumahku kulkas juga jadi tempat naruh berbagai macam makanan. Kalau udah nggak kondusif, akhirnya yang bersihin diriku juga. Kalau kamu gimana? Anyway, terima kasih yaa sudah mampir.

  7. iya sich saya juga pernah mengalami hal ini, waktu ngekost di omelin terus ama ibu kost tapi bukan karena masukin barang diatas tapi memang pernah di sisi, jadi bu kost marah kenapa ngak dipakai, mubazir katanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *