Menjadi Produktif ala Orang yang Banyak Maunya

tips menjadi produktif

Satu prinsip soal personal branding yang masih mengganjal bagi saya adalah fokus. Dipaksa hanya mendalami satu dan tak yang lain, kok rasanya begitu membelenggu. Sama halnya dengan memaksa tubuh hanya menjalankan satu fungsi – hanya bernafas, hanya berjalan, hanya makan, atau hanya mendengar. Membayangkannya saja absurd.

Continue Reading

Kesalahan Fatal yang Kulakukan Selama Skripsi

so many books so little time

Temanmu satu per satu mulai meninggalkan kampus. Keluargamu mulai sering menanyakan kapan lulus. Kamu sadar, skripsi jadi obsesi semua orang yang harus dirimu tebus.


Panik kurasakan. Ketika satu satu per satu temanku mengunggah foto sehabis sidang pendadaran. Pertanyaan ‘gimana skripsi?’ juga semakin sering dilontarkan. Entah untuk melihat progres teman atau sekedar untuk mengisi ruang bicara.

Continue Reading

5 Alasan Kenapa Kerja dari Rumah itu Candu

working from home

Deg-degan dan mata capek. Dua hal yang hampir selalu kurasakan tiap pagi, dulu.

Bangun dan merasa lebih capek dari sebelumnya itu menyebalkan. Ya kan? Apalagi kalau diburu waktu untuk segera siap-siap ke kantor. Itu dia yang aku rasakan selama berbulan-bulan.

Hampir setiap hari, aku mengawali hari dengan berjalan gontai mengambil handuk dan mandi. Dilanjutkan masak bekal untuk makan siang. Lalu, mematut diri dengan skin-care dan pupur – yang sering kali luntur karena keringat bercucur. Sudah begitu, sampai kantor dalam keadaan lelah.

Continue Reading