Menjadi Produktif ala Orang yang Banyak Maunya

tips menjadi produktif

Satu prinsip soal personal branding yang masih mengganjal bagi saya adalah fokus. Dipaksa hanya mendalami satu dan tak yang lain, kok rasanya begitu membelenggu. Sama halnya dengan memaksa tubuh hanya menjalankan satu fungsi – hanya bernafas, hanya berjalan, hanya makan, atau hanya mendengar. Membayangkannya saja absurd.

Continue Reading

Nggak Pengin Dinyinyirin Tetangga Kos? Jangan Masukkan 15 Barang Ini ke Kulkas

hal yang tak boleh masuk kulkas

Setelah banyak berbincang dengan teman-teman perempuan yang ngekos. Saya sadar kalau keadaan kulkas satu kos dengan yang lain memang tak jauh berbeda: sesak, tak beraturan, dan jorok. Tak terkecuali kulkas di kos tempat saya tinggal. Bunga es jarang dibersihkan; lelehan noda kecap, coklat atau putih telur yang mengerak; bundel-bundel plastik yang entah apa isinya; bahkan sisa makan yang tak habis – entah sambal, sate, atau tempe.

Continue Reading

Evete Naturals Calming Green Tea Body Butter, Review

evete body butter review

Punya kulit super kering itu ngeselin banget. Saking keringnya, Bapak bilang kalau betisku punya garis-garis berpola semacam sisik ular. Kalau aku sih, merasa lebih pas kalau disamakan dengan pola tanah kering di sawah. Karena itu Bapak pernah berpesan, “Kalau habis makan gorengan, minyaknya digosok ke kaki. Biar nggak kering.” Sebuah ajakan jorok yang membuatku sadar seberapa kering dan memperihatinkannya kulitku.

Continue Reading

Kesalahan Fatal yang Kulakukan Selama Skripsi

so many books so little time

Temanmu satu per satu mulai meninggalkan kampus. Keluargamu mulai sering menanyakan kapan lulus. Kamu sadar, skripsi jadi obsesi semua orang yang harus dirimu tebus.


Panik kurasakan. Ketika satu satu per satu temanku mengunggah foto sehabis sidang pendadaran. Pertanyaan ‘gimana skripsi?’ juga semakin sering dilontarkan. Entah untuk melihat progres teman atau sekedar untuk mengisi ruang bicara.

Continue Reading